Sambut Ramadhan, haruskah Bahagia?

Kajian Perdana. Bidang Kastrat (kajian strategis) FSPI FISP Unila pada hari rabu (25/6) mengadakan kajian perdananya. Dalam kajian tersebut dihadiri sekitar 25 orang mahasiswa FISIP

“Tanamlah banyak-banyak harapan di bulan suci ramadhan ini, harapan apapun walaupun itu mustahil untuk dilakukan”ujar Ustad Denny Harnova selaku pemateri.

Bandarlampung – (MCF) Tak terasa ramadhan H-3, untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci ramadhan hal yang perlu diciptakan dari hati kita adalah kebahagiaan. Dalam mewujudkannya sebuah kebahagiaan perlu adanya harapan.

Kenapa harus bahagia?

“kalau ada pertanyaan kenapa pasti jawabnya karena, itukan ada lagunya karena e karena”jawabnya dengan canda. Dalam menyambut ramadhan kita harus bahagia karena itu adalah perintah Allah SWT, dan Allah Langsunglah yang menilai ibadah puasanya. Ibadah di bulan ramadhan pahalanya dilipatgandakan berkali-kali lipat dari pada bulan lainya. Di bulan ramadan inilah banyak diskon pahala besar-besaran, jadi kita harus meraih diskon tersebut untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya. Bagaimana kita tidak bahagia dengan semua itu? Terang ustad Denny.

Terus bagaimana kalau ditengah-tengah bulan ramadhan semangatnya turun?

Dalam menjaga semangat, kita harus punya targetan-targetan yang harus dicapai selama bulan ramadhan. Selain itu kita juga jangan dekat-dekat dengan dunia hiburan, lebih baik mendekati  orang-orang sholeh. Semangat itu berkaitan dengan hati, dan obat hati ada lima perkara. “Semangat itu kaitanya dengan hati maka jagalah hati”ujarnya.

Bagaimana kalau targetanya tidak tercapai?

kita adalah manusia biasa yang mempunyai kelemahan jadi kita harus syukurinya. Instropeksi diri, apakah kita sudah menjadi orang baik atau ikhlas. Jika sudah merasa baik atau ikhlas, birarti kita belum baik dan ikhlas. Kalau belum baik kita harus memperbaikinya. “perdalamlah fikih puasa, pemahaman ilmu tentang puasa”terang ustad.

Kajian sore itu (25/6) di Mushola At Tarbiah FISIP-FEB berjalan dengan lancar. Acara dengan tema “ini Gue untuk Ramadhan” tersebut tak hanya diikuti oleh anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Forum Studi Pengembangan Islam (UKMF FSPI) namun juga diikuti oleh beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Muhamad Sulaiman (Administrasi Bisnis 2012) selaku Kabid Kastart saat ditemui mengatakan tujuan dari acara ini adalah untuk mempersiapkan diri kita dalam menyambut bulan suci ramadhan. Kita harus menyambut ramadhan dengan bahagia, bahagia bisa kita wujudkan dengan harapan yang besar dan mulia. harapan tersebut kita jalani dengan keseriusan. “apa saja yang telah kita harapkan itu bisa menjadikan diri kita lebih baik kedepannya. Tanyalah pada diri kita, jika kita merasa diri kita sudah baik apa kebaikan itu dan apabila belum baik perbaikilah diri kita di bulan ramadhan ini”ujarnya.
Share on Google Plus

Tentang UKMF FSPI FISIP Unila

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Baca tulisan kami yang lain juga ya. Sedikit Tentang FSPI. FSPI adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada di lingkungan FISIP. FSPI bergerak dalam bidang kerohanian Islam. FSPI -EKSIS, PROAKTIF, PRODUKTIF-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar