Pastikan ikut Propti, Temukan Keseruan di Dalamnya

Suasana Propti Fakultas. Doc FSPI
Mungkin masih ada yang belum tau apa itu Propti. Propti atau kepanjangan dari Program Orientasi Perguruan Tinggi merupakan suatu kegiatan yang harus di ikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Kegitan ini merupakan syarat untuk mendapatkan Piagam Propti yang akan menjadi salah satu persyaratan untuk mengikuti wisuda.
Propti dilaksanakan di Gedung Serba Guna Universitas Lampung (GSG Unila), selama lima hari, tiga hari di tingkat universitas dan dua hari pada tingkat fakultas. Lama ya? Lumayan lama tapi gak terlalu lama. Apa gak bosen? Kalau dilalui dengan semangat ingin mengenal lebih jauh tentang Unila, apa sih yang bikin bosen? Terus ngapain aja disana?
Menurut pengalaman penulis yang alhamdulillah nilainya Baik (B) dalam Piagam propti sebenarnya acara resmi propti hanya empat hari yaitu dimulai hari selasa, rabu, kamis, dan jum’at.  Hari selasa dan rabu itu di tingkat universitas dan hari selanjutnya di tingkat fakultas. Sedangkan untuk hari senin itu hanya melakukan gladi kotor mahasiswa baru.
Gladi kotor yang dilakukan pada hari senin ini dimulai pada pukul 07:30 pagi. Apakah kita wajib ikut? Tentu kita wajib mengikutinya karena walaupun hanya gladi kotor gak maukan di hari selasanya kudet nggak tau dimana tempat duduknya? Kok bisa gitu? Ya karena tempat duduknya di peta-petakan menurut jurusan masing-masing. Selain itu pada hari tersebut kita bisa tau apa yang harus dilakukan pada hari selasa. Kita juga diberi lagu Mars Unila dan Himne Unila. Biasanya Pakaian yang di gunakan saat Propti itu kemeja putih, celana/rok dasar hitam, Almet, dasi, topi, peci universitas lampung serta sepatu pantopel hitam/gelap. Saat gladi bersih ini mahasiswa baru yang pria pada esok hari sudah berambut rapi (tidak harus 1 cm, tapi konsekuensinya di propti fakultas harus potong rambut lagi).

Propti Universitas yang dilakukan ke esokan harinya (selasa) ini, dimulai dengan Upacara Senat Universitas pada pukul 08:30. Namun kita harus sampai di GSG pukul tujuh tepat karena kita harus melakukan persiapan atau galdi bersih. Dari sini semangat kita masih tinggi karena kita pertama kali bisa melihat Rektor Universitas lampung, beserta jajarannya. Apalagi saat bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya, suasananya seperti nonton bola di GBK dengan beribu suara mahasiswa yang menggema. Nah setelah jeda selama 20 menit semangat beberapa peserta menjadi turun, kenapa demikian? Karena kita harus mengikuti kuliah umum, yang membosankan(pengalaman penulis, karena duduk di kursi paling atas jadi tidak fokus dengan pemateri karena pada ribut, samping kiri-kanan). Namun tidak dengan semangat mahasiswa baru yang benar-benar ingin mengetahui tentang Unila. Semangat untuk mengikuti rangkaian propti masih menggebu-gebu. Siapkan pertanyaan di Sesi Kuliah Umum ini, EKSISkan nama FISIP di GSG (tahun kemaren gak ada yang tanya hehe). Pastikan siapkan pertanyaan dari sekarang tahun kemaren tema kuliah umum yang pertama “penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia”. Jadi kalian harus PROAKTIF di sesi kuliah umum ini. Anak FISIP keluarkan jiwa sosial kalian. Sesi yang terakhir yaitu pengenalan pimpinan Universitas. Hal yang menarik pada hari pertama yaitu, waktu kalian di panggil Hidup Mahasiswa, kalian Menjawab Hidup Mahasiswa. Kalau kalain di tanya “Siapa Kita?” jawabnya “Mahasiswa, Mahasiswa, Mahasiswa, iiiiiiiii, Haaaaa, Iiiiiii, Haaaa, Mahasiswa Unila JAYA (ritual ini dilakukan dengan gaya yang unik, kalau penasaran ikut propti ya). Yang terakhir saat setiap Fakultas di panggil pastikan suara anak FISIP paling heboh ya, (pengalaman tahun kemarin karena mahasiswa fakultas kedokteran sedikit jadi tidak heboh dan di teriaki “huuu” oleh semua mahasiswa baru, jangan ditiru ya gak baik semuanyakan saudara).

Oke lanjut di hari kedua (rabu) yang menurut penulis paling seru. Mengapa demikian? Pada hari ini merupakan perkenalan dari lembaga legeslatif, eksekutif universitas lampung, dan perkenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Unila. Jam mulai sama seperti hari sebelumnya perkenalan lembaga legislatif dan eksekutifpun berjalan biasa. Nah perkenalan UKM ini yang berjalan luar biasa. Banyak sekali aktrasi-aktrasi yang di lakukan oleh setiap UKM untuk menarik minat mahasiswa baru agar bergabung di UKMnya. Paling seru menurut penulis saat ada mahasiswa yang terjun dari atap GSG, ya pada waktu itu semua mahasiswa (terutama yang cewek) teriak-teriak. Namun Lebih Seru Lagi saat perkenalan UKM Birohmah, mengapa lebih dan paling seru? Ya UKM dengan Anggota terbanyak ini seperti menguasai GSG dengan sekejap. Walaupun mereka tampil paling akhir namun suasana meriah tak kalah dengan UKM-UKM sebelumnya. Semua mahasiswa baru di bagikan bendera dan bunga. Dan saat semua bendera dikibarkan, beh keren banget. Penampilan UKM yang dinilai MABA kurang menarik biasanya membuat maba mengalihkan perhatian (tahun kemaren maba yang duduknya di atas, membuat pesawat dari kertas/selebaran yang dibagikan UKM tersebut atau UKM sebelumnya, Alhasil kena marah deh, jangan ditiru ya, ancamanya gak maen-maen katanya Piagam propti gak akan dibagikan). Oh ya Hal yang membuat sedih penulis, jarang mahasiswa FISIP yang menduduki Jabatan Tinggi di setiap UKM, misalnya ketua umum, sekertaris, kepala bidang dll. Mahasiswa FISIP pada kemana ya? Jadi kalian harus mengikuti atau aktif di UKM ya, agar dua tahun kedepan kalian bisa membuat bangga adik tingkat angkatan 2016 mendatang. Penasaran dengan penampilan para UKM? Jangan lewatkan hari kedua.

Etss setelah di GSG selesai menurut pengalaman tahun kemarin kalian mahasiswa baru  khususnya FISIP biasanya akan di kumpulkan di lapangan sepak bola unila. Apakah harus ikut? Sebenarnya ini acara non formal, tapi penulis sarankan untuk ikut, mengapa demikian? Karena saat di kumpulkan itu kalian akan diberi tahu tentang apa yang harus di bawa saat propti fakultas keesokan harinya. Disini juga kalain diberikan teks lagu Mars FISIP yang harus kalian hafalkan. Penulis jamin kalian akan hafal di luar kepala lagi ini. Hal menarik di sesi ini saat kalian di arak menuju Fakultas kita tercinta ya rumah kita Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Barisan Mahasiswa baru FISIP berjalan dari lapangan diiringi nyanyian lagu Mars FISIP. Suasanya beh kompak banget walupun belum pada kenal, apalagi saat kalian ,melewati fakultas ekonomi kalian akan di kompori seperti ini “disamping kalian ada Maba FEB, tunjukkan kekompakan kalian dengan suara-suara lantang kalian yang mennyanyikan Mars FISIP, tunjukkan kalau kalain bangga punya FISIP”. Nah dari sini otomatis para maba yang masih polos mengikuti saran dan berteriak dengan bangga menyanyikan lagu Mars FISIP, Alhasil Maba FEB tidak fokus mendengarkan arahan kakak tingkatnya (kating) dan mereka malah mendengarkan serta menoleh kearah jalan di mana arak-arakan mahasiswa baru FISIP menuju rumah tercinta. Pengen juga ngerasain? Keputusan ada ditangan kalian.

Hari ke tiga, Propti Fakultas (kamis). Suasana berbedapun terasa di sini. Duduk di halaman di depan gedung B FISIP, dan tanpa Alas. Beda sekali dengan di GSG yang di ruangan dan duduk di kursi. Namun disinilah letak keseruannya. Pertama kalian akan diperkenalkan dengan Organisasi dan Fungsi Perguruan Tinggi di Fakultas, dan kalau tahun kemarin diberikan materi tentang “proses pembelajaran di Perguruan Tinggi, pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan” di tingkat Fakultas. Dan setelah Jeda selama 15 menit dilanjutkan dengan perkenalan jurusan, materi tentang cakrawala bidang ilmu, prospek dunia kerja, peraturan akademik, kalender akademik, Sistem SKS(Satuan Kredit Semester), KRS(Kartu Rencana Studi), PA (pembimbing Akademik), dll.  Kemudian setelah istirahat sholat, masih di jurusan di lanjutkan dengan penjelasan tentang kode etik dan teknik belajar di perguruan tinggi, perkenalan dengan dosen PA dan diakhiri dengan perkenalan Fasilitas Jurusan. Tidak pernah telat lagu Mars FISIP selalu dinyanyikan pada hari ini. Jadi kalau kalian ingin mengenal lebih dalam tentang Jurusan kalian masing-masing kalian harus datang pada hari ini.

Hari Terakhir (jum’at), hari terahir Propti ini dimulai seperti biasa jam 7 dan lagu Mars FISIP masih setia menimani di penghujung Propti ini. Pada Hari Penutupan ini kalian di suguhkan dengan penampilan dari setiap UKMF (Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas) dan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang ada di FISIP. Menurut penulis yang paling menarik tetap jurusan sendiri. Namun pada akhir perkenalan HMJ dan UKMF ada juga yang membuat mata tidak terkantuk-kantuk alias bisa melek sempurna. Perkenalan UKMF FSPI sukses membuat mahasiswa baru yang malas-malasan cenderung terkantuk-kantuk penasaran dengan apa yang terjadi disekitarnya. Ramainya Anggota UKM bidang kerohanian Islam ini membuat suasana yang mulai lemas ceria kembali. Lagi-lagi Maba dibagikan Bunga dan Bendera yang menambah kemeriahan siang itu. Peserta Propti juga dibagikan Formulir Pendaftaran yang langsung di Isi Dan dikumpulkan, walaupun masih bisa dikumpulkan kapan saja. Kalau penulis pada waktu itu langsung mengisi dan mengumpulkan formulirnya? Mengapa demikian? Ya karena menurut penulis selain kita harus aktif di UKM yang bersifat duniawi baik tingkat universitas ataupun fakultas kita juga harus aktif dalam UKM kerohanian untuk menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Bagaimana dengan kalian? Lagi-lagi Keputusan ada di tangan kalian.

Nih jadwal Propti 2014-2015 dari Baak Unila
No
Jadwal
Tanggal
Waktu
Tempat
1
Gladi Bersih25 Agustus 201407.00 s.d SelesaiGedung Serba Guna Unila
2
Pelaksanaan Propti Tingkat Universitas26  s.d. 27 Agustus 201407.00 s.d SelesaiGedung Serba Guna Unila
3
Pelaksanaan Propti Tingkat Fakultas/Jurusan28 s.d 29 Agustus 2014Di tentukan Fakultas/Jurusan Masing-MasingFakultas/Jurusan Masing-Masing
Untuk Pakaian:
Laki-Laki:
1.Memakai alamamater Unila.
2.Baju kemeja putih polos.
3.Celana dasar hitam panjang.
4.Sepatu hitam kaos kaki putih.
Perempuan:
1. Memakai alamamater Unila.
2. Baju kemeja putih polos.
3. Rok dasar hitam di bawah lutut.
4. Sepatu hitam kaos kaki putih.
5. (Untuk yang memakai jilbab, memakai jilbab warna putih).

  Follow twitter kami @fspi_fisipunila Terimakasih.. salam #FSPI_EKSIS_PROAKTIF_PRODUKTIF #jariMabaFISIP14
Share on Google Plus

Tentang UKMF FSPI FISIP Unila

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Baca tulisan kami yang lain juga ya. Sedikit Tentang FSPI. FSPI adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada di lingkungan FISIP. FSPI bergerak dalam bidang kerohanian Islam. FSPI -EKSIS, PROAKTIF, PRODUKTIF-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar