Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru

ilustrasi oleh : anjarmenyapa.blogspot.com
PENTING NIH DIBACA!!
gak kerasa setelah 12 tahun sekolah sekarang sudah menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu"KULIAH!!!" saya yakin temen-temen puya berbagai macam ekspresi ketika kalian mendapat kabar bahwa kalian keterima di PTN terbaik. setelah kuliah kita aka mengalami fase yang berbeda dari yang sebelumya yaitu masa-masa sma.jika di sekolah tanpa meminta kita bisa mendapatkan apapun yang kita ingikan terutama dalam hal belajar. kalo di sma kita bisa lulus sama-sama, tapi lain halnya denga kehidupan kampus ni sobat.bahasanya kalo kita gak jemput bola kita gak akan bisa dapet skor(ip bagus). tapi ada juga lo yang diem aja kuliah rajin tapi bisa dapet nilai bagus gmn thu? kalo yang satu itu mah kebetulan. ibarat kata atlet yang sering latihan aja masih bisa gagal apalagi yang enggak?. nah buat temen-temen maba ada tips nih semoga bermanfaat buat kalian.
Berikut ini adalah tips sukses menjadi mahasiswa baru:

1.Jadilah Mahasiswa yang Aktif
Sikap aktif dapat ditunjukkan dengan cara menyelesaikan tugas tepat waktu,tidak menyepelekan tugas,datang kuliah tepat waktu,mengajukan diri pada dosen apabila diminta bantuan. Cara atau sikap tersebut akan membuat mental kita terbiasa dengan sikap aktif. aktif da kritis terhadap situasi dan kondisi yang ada juga penting lo.
2.Perluas Jaringan Pertemanan
Kenali lingkungan kampus dan perluas jaringan pertemanan,mulai dari teman seangkatan maupun senior senior. terutama mereka yang akan membawa lingkungan positif buat kita.
3.Dekati Dosen
Kedekatan dengan seorang dosen akan membantu kita dalam perkuliahan,terutama ketika kita masuk masa skripsi dan pasca lulus kuliah. deket bukan berarti carper lo!!
4.Sering sering ke Perpus
Biasakan diri untuk datang ke perpus,karena di sinilah terdapat berbagai jenis buku yang dijadikan sebagai bahan atau sumber materi yang diajarkan dalam perkuliahan.kalo kita di fisip unila ada namanya ruang baca tempatnya di gedung a. kalian bisa cari referensi kesana.pengalamana buku2nya lebih lengkap dengan kebutuhan dibanding diuniv.
5.Aktif Berorganisasi
Ikutilah organisasi organisasi yang ada di kampus. Banyak hal yang kita dapatkan dengan aktif di berbagai kegiatan organisasi yang ada di kampus. Pengalaman bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain dan ilmu lain yang tidak kita dapatkan di bangku kuliah. Selain bekal intelektual yang anda dapatkan di bangku kuliah,kita juga mempunyai kesempatan untuk aktualisasi diri dan menyalurkan bakat dan minat di dalam organisasi tersebut. perli diketahui!! di kampus banyak pertarungan ideologi tanpa disadari.mulai dari yang hedon(gak mau organisasi) sampe yang organisatoris tapi menyimpang dengan nilai dan norma yang ada(banyak). so kita musti selektif. cara yang paling mudah. pada semester awal pilih organisasi resmi kampus kemudian tanya kepada orang yaang dipercaya.
6. ikuti pula kajian keagamaan, atau ikut organisasi kerohaninan. agar sukses dunia dan akhirat

#FSPI_EKSIS_PROAKTIF_PRODUKTIF
oleh  : Fajrianti Rizka 
Share on Google Plus

Tentang UKMF FSPI FISIP Unila

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Baca tulisan kami yang lain juga ya. Sedikit Tentang FSPI. FSPI adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada di lingkungan FISIP. FSPI bergerak dalam bidang kerohanian Islam. FSPI -EKSIS, PROAKTIF, PRODUKTIF-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar