FSPI Bersama dekan adakan jumat bersih dan kajian pagi perdana

Semangat. Mahasiswa baru FISIP '14 terlihat sangat bersemangat saat
mengikuti agenda jumat bersih yang diadakan oleh FSPI  FISIP Unila.
Foto dibidik oleh: M. Erig, Jumat (26/09).
Kebersihan adalah sebagian dari Iman. “Allah itu bersih, dan mencintai kebersihan”
(H.R  At – Turmudzi ). 

“Dengan lingkungan yang bersih, proses belajar mahasiswa juga akan lebih nyaman” ungkap M. Sulaiman (Administrasi Bisnis 2012) selaku korlap acara ini.  Untuk tahun- tahun sebelumnya memang di FISIP tidak ada acara jumat bersih seperti sekarang ini, sehingga acara yang digelar Jumat (27/09) kemarin menjadi acara perdana Jumat bersih di FISIP.

Menurut Sholehuddin Ridlwan (Administrasi Negara '12) acara jumat bersih dan kajian pagi merupakan rencana yang sudah ada 2 tahun lalu, namun baru terlaksana pada tahun ini karena dekan sudah memberikan kebijakan khusus dimana mahasiswa 2014 tidak diberikan jadwal kuliah pada jam 06:00 sampai dengan pukul 09:45. 

Karena itulah, acara ini juga sudah menjadi bagian dari kerjasama FSPI dan juga Dekan FISIP Unila. Bersama dengan Tim Kajian Strategis yang membuat manajemen strategi, mulai dari planing, organization, actualing sampai kepada controlling. Menjadikan kegiatan yang in shaa Allah bernilai ibadah ini dapat menjadi suatu kebermanfaatan bagi seluruh civitas akademika FISIP secara kontinu. "Harapan dan kebanggaan bagi kami kedepannya untuk menjadikan FISIP menjadi fakultas yang bernuansa islami. Aamiin.." ungkapnya.

Acara jumat bersih ini akan berlangsung rutin setiap 2 minggu sekali dimana disetiap minggu akan ada 2 jurusan yang mengikutinya dan untuk minggu ini adalah jadwal untuk jurusan sosiologi dan ilmu administrasi negara. Setelah mahasiswa selesai membersihkan lingkungan FISIP, mahasiswa lalu diarahkan ke Mushala At-Tarbiyah FISIP-FEB untuk kemudian mengikuti agenda berikutnya yaitu “Kajian Bersama Dekan”. Disini dekan FISP dan juga mahasiswa bersama-sama mendengarkan materi kajian sehingga mahasiswa FISIP akan senantiasa merasa lebih dekat dengan dekannya.

Walaupun terbilang baru dalam pelaksanaannya, tapi acara ini mendapat antusiasme yang positif dari mahasiswa FISIP 2014. Ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mengikuti acara ini. Mereka terlihat bersemangat untuk datang pagi-pagi dan membersihkan lingkungan FISIP. Fuad Hasyim (Sosiologi 2014) mengaku bahwa ia sangat mengapresiasi acara ini. Menurutnya seharusnya memang sudah dari dulu diadakan acara ini sehingga kebersihan di FISIP akan lebih terjaga.

Bung Pai selaku Pembantu Dekan III FISIP unila dalam sambutannya mengatakan bahwasannya kebersihan di FISIP memang kurang diperhatikan oleh mahasiswa dan dosen. Menurutnya sampah-sampah di Fisip bersumber dari 3 golongan yaitu dari dosen, karyawan dan yang paling banyak adalah dari mahasiswa. Karena itu untuk menciptakan FISIP yang bersih, diperlukan kesadaran dari semua komponen di dalamnya dan tidak hanya sekadar mengandalkan petugas kebersihan saja. “Ini fakultas kita, rumah kita, sehingga kebersihannya memang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita semua” ungkapnya.

Acara kajian jumat bersih kali ini diisi oleh Deni Harnova sebagai pematerinya. Beliau mengatakan bahwa setiap muslim itu layaknya selalu menjaga kebersihan kapanpun dan dimanapun ia berada. Tidak hanya dalam hal yang besar, tapi juga harus diperhatikan sampai hal yang paling terkecil dan mendetil sekalipun. Kerana hal itu mencerminkan kepribadian dari muslim tersebut. “Jika kita selalu menjaga kebersihan, tidak hanya kebersihan lingkungan saja tapi juga kebersihan diri kita dan kebersihan hati kita, maka insyaallah Allah akan selalu menjaga kita dari kekotoran dan hal-hal yang kotor lainnya” ujarnya. (MCF/UER)

Share on Google Plus

Tentang UKMF FSPI FISIP Unila

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Baca tulisan kami yang lain juga ya. Sedikit Tentang FSPI. FSPI adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada di lingkungan FISIP. FSPI bergerak dalam bidang kerohanian Islam. FSPI -EKSIS, PROAKTIF, PRODUKTIF-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar