FSPI Unila Silaturahmi Ke Lampung Post

Sebanyak 40 mahaiswa yang tergabung dalam Forum Studi Pengembangan
Islam (FSPI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung
(Unila) bersilaturahmi ke redaksi Lampung Post, kamis (25/9). Mereka berguru
keharian ini agar memiliki kemampuan dibidang jurnalistik dan komunikasi media.
KEMAMPUAN jurnalistik kini menjadi sesuatu yang menarik bagi kalangan mahasiswa. Meski tidak berorganisasi di lembaga pers mahasiswa, sekitar 30 mahasiswa yang tergabung di Forum Studi Pengembangan Islam (FSPI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung (Unila) bersilaturahmi ke redaksi Lampung Post, kamis (25/9).

“kami ingin belajar dan lebih mengetahui tentang keilmuan jurnalistik sehingga dapat kami terapkan pada media yang kami miliki” kata ketua FSPI FISIP Unila Sholehuddin Ridlwan, saat memberikan sambutannya.
Meski bergerak di bidang kegiatan kerohanian muslim di kampus, Sholehuddin mengaku mahasiswa yang tergabung di FSPI juga selalu berupanya memberikan informasi berbagai agenda organisasi dan kegiatan kampus melalui media yang mereka namakan Media Center FSPI (MCF).

Dengan kunjungan ke Lampung Post tersebut, Sholehuddin berharap para kader FSPI memiliki kemampuan di bidang  para kader FSPI memiliki kemampuan di bidang jurnalistik dan komunikasi media.
Silaturahmi media FSPI kemarin pagi diterima baik oleh redaktur Humaniora Wiwik Hastuti dan Marketing Comunication Asihin.
Dalam materinya, wiwik menjelaskan tentang proses kerja jurnlistik, mulai dari proses perencanaan, mengumpulkan, mengolah hingga menerbitkan sebuah faakta dan informasi menjadi sebuah berita yang disajikan dalam surat kabar.

“Seorang jurnalist adalah orng-orang yang harus memiliki rasa keingintahuan dan empati yang esar terhadap apa yang dilihat dan ditemuinya dimanapaun,” kata Wiwik.

Namun Wiwik juga mengingatkan bahwa profesi wartawan adalah profesi yang harus patuh terhadak Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Pokok Pers. Dalam kerjanya, jurnalis harus jujur dalam memberitakan sebuah fakta dan melakukan cek dan ricek pada sebuah fakta yang ditemui.

Terkait dengan kegiatan kader FSPI FISIP Unila yang juga memiliki media bernama Media Center Fakultas atau disingkat menjadi MCF, Wiwik cukup mengapresiasi. Ia mengangggap apa yang telah dilakukan bidang FSPI tersebut sebagai proses kerja jurnalistik yang autodidak.

Karena berada di lingkungan kampus, ia juga menjelaskan segmentasi pembaca yang mayorits mahasiswa harus menjadi prioritas pemberitaan. Namun, fungsi pers yaitu memberikan edukasi, informasi, kontrol sosial hingga hiburan juga harus tetap dilaksanakan.

sumber: Lampung Post edisi jum'at 26 september 2014
#FSPI_EKSIS_PROAKTIF_PRODUKTIF
Share on Google Plus

Tentang UKMF FSPI FISIP Unila

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Baca tulisan kami yang lain juga ya. Sedikit Tentang FSPI. FSPI adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada di lingkungan FISIP. FSPI bergerak dalam bidang kerohanian Islam. FSPI -EKSIS, PROAKTIF, PRODUKTIF-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar