FSPI - ROIS – FOSSI Bersama dalam Pesantren Cendekia Muslim

Antusias. Para peserta workhop PCM yang sangat antusias menyimak
penyampaian materi dari Kak Kholil. Foto dibidik oleh: M. Erig (22/11)
Bandarlampung-FSPINews (MCF-FSPI). Apa itu cendekia? Apa kiat-kiatnya menjadi seorang cendekia kampus? Bagaimana seorang cendekia muslim dalam berproses di dalam kampusnya? Hal inilah yang dibahas dalam agenda Pesantren Cendekia Muslim atau yang disingkat dengan PCM sukses digelar oleh 3 LDF yaitu FSPI FISIP, ROIS FEB serta FOSSI FH. Acara yang mengusung tema “Melalui PCM, Kita Bentuk Mahasiswa yang Kontributif, Dedikatif dan Berprestasi” ini bertempat di GFB FMIPA Unila pada pukul 08:00 WIB.

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Ketua Pelaksana kegiatan (Roizal, Hukum ’13) serta dari Ketua Umum UKM Birohmah Unila periode 2014/2015 Amanda Putra Seta (Agroteknologi ‘10) yang sekaligus meresmikan acara pembukaan ini. Dalam sambutannya mahasiswa yang biasa dipanggil Kak Seta ini mengungkapkan bahwa sebagai ADK kita wajib mengetahui kiat-kiat sukses agar dapat efektif dalam berdakwah dikampus sehingga kita harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti Pesantren Cendekia Muslim ini hingga selesai.

Pemateri pertama datang dari seorang Aktivis Dakwah Kampus  muda yang cukup terkenal, ia bernama Kak Kholil. Dalam materi yang ia sampaikan ia menjelaskan sejarah terbentuknya Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di Indonesia dan di Unila khususnya. Ia juga menjelaskan bahwa dakwah kampus memiliki keunikan tersendiri dari objek dakwah dimana dakwah kampus memiliki objek dakwah yang secara sosiologis bersifat heterogen.

Pemateri kedua juga tak kalah luar biasa dari pemateri pertama, ia dikenal dengan panggilan Ustad Padri. Ustad sekaligus salah satu dosen di FMIPA Unila ini membocorkan kiat-kiat untuk menjadi mahasiswa yang sukses baik dalam hal organisasi maupun akademik. Dan salah satu kiatnya yang paling penting adalah dengan menentukan visi hidup.

Visi hidup yang jelas akan menentukan mau dibawa kemana hidup kita kedepannya. Seperti seorang yang tengah memegang sebuah bola, jika ia disuruh melemparkan bolanya ke sembarang tempat tentu bola itu akan terlempar entah kemana. Tapi jika ia memiliki target lemparan di depannya, tentu bola itu akan lebih terarah dengan baik. Begitu pula dengan hidup kita, tidak akan termanajemen jika kita tidak memiliki tujuan yang akan kita capai. “Menentukan visi bukan hanya untuk mencapai kebahagiaan duniawi saja, yang terpenting adalah orientasi kita agar dapat bahagia di dunia dan di akhirat”, timpalnya.

Kak Seta kembali mengisi sesi penyampaian materi yang ketiga. Sebagai Ketua Umum UKM Birohmah Unila, ia menjelaskan tantangan-tantangan tersendiri saat seorang mahasiswa memutuskan untuk terjun ke dunia dakwah kampus. Ia juga menambahkan bahwa ada banyak problematika yang menyelimuti lingkungan kampus ini. Dan menjadi tugas bersama sebagai Aktivis Dakwah Kampus (ADK) untuk mengatasinya.

Untuk itulah di akhir materinya, Kak Seta membuka forum diskusi bersama peserta workshop untuk mengungkapkan persoalan-persoalan yang ada di kalangan masyarakat muslim Unila beserta solusinya. Para peserta workshop telihat sangat antusias dalam diskusi ini. Dibuktikan dengan banyaknya persoalan yang dikemukakan oleh mereka beserta solusinya yang amat bervariasi. Ini menandakan bahwa Unila memiliki bibit-bibit Aktivis Dakwah Kampus yang sangat cerdas dan apresiatif.

Fuad Hasyim (Sosiologi ’14) salah satu peserta mengungkapkan kepuasannya setelah mengikuti agenda workshop terebut. Selain tema dan judul materi yang menarik, ia juga memperoleh banyak pengetahuan baru dari tiga materi yang telah disampaikan. “Saya menjadi tahu trik-trik jitu untuk menjadi mahasiswa yang sukses dunia akhirat. Selain itu saya menjadi semakin tertantang untuk menjadi seorang Aktivis Dakwah Kampus yang tidak hanya berhasil dalam berdakwah tapi juga sukses dalam urusan perkuliahan saya” ujarnya. (MCF/UER)
Share on Google Plus

Tentang UKMF FSPI FISIP Unila

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Baca tulisan kami yang lain juga ya. Sedikit Tentang FSPI. FSPI adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada di lingkungan FISIP. FSPI bergerak dalam bidang kerohanian Islam. FSPI -EKSIS, PROAKTIF, PRODUKTIF-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar