Sumpah Pemuda Sebagai Penyemangat Mahasiswa

ilustrasi oleh sidiqtriw.blog.com
Oleh : Nur Arifah
Sumpah pemuda adalah 28 Oktober adalah tanggal kebanggaan pemuda indonesia. Karena tepat tanggal tersebut merupakan tanggal yang kita kenal dengan Sumpah pemuda. Sumpah pemuda dirumuskan oleh para pemuda bukan tanpa tujuan, melainkan untuk menaikan rasa nasionalisme untuk membuat Indonesia khususnya para pemuda untuk lebih bersatu dalam segala hal demi membela negaranya, Tanah airnya yaitu Indonesia Raya.
Bukan sekedar ada, Sumpah pemuda di bangun karena ini agar para pemuda indonesia bersatu membangun Indonesia. Dan ini merupakan salah satu tonggak sejarah yang jangan sampai di lupakan dalam ingatan kita.
Tepat 86 tahun para pemuda memperjuangkan indonesia yang dulu dalam cengkraman para penjajah, kita patut bersyukur hidup di era yang sudah bebas dari penjajah. Seharusnya kita bangga akan keberhasilan pemuda saat itu. Dan 28 Oktober dapat menjadikan kita menjadi lebih baik lagi, lebih semangat, meningkatkan jiwa yang memiliki rasa kebangsaan, memiliki karakter tinggi, seperti cinta tanah air, disiplin dan juga pantang menyerah seperti apa yang dilakukan pemuda indonesia 86 tahun yang lalu.
Sebagai mahasiswa seharusnya Sumpah Pemuda ini dapat dijadikan sebagai pemicu semangat untuk membangun bangsa yang lebih baik lagi, meningkatkan kualitas dalam berkarya dan menjadikan pribadi yang lebih baik lagi. Namun kenyataan saat ini tidak ada aksi yang nyata yang dapat diberikan untuk indonesia karena masih banyak terjadinya pergaulan bebas yang tidak mencerminkan pemuda indonesia yang seharusnya.
Tidak harus hal besar yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk menjadi pemuda yang mencerminkan cinta kepada indonesia misalnya dari hal yang kecil namun jarang dilakukan adalah menulis, mereka beralasan tidak mempunyai bakat yang menjadikan hal itu untuk terwujud. Hal kecil lainya adalah Pribadi yang bertanggung jawab, seorang mahasiswa memang seharusnya berani menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Seperti halnya mahasiswa sebagai seorang anak yang harus dapat menggapai impianya demi membahagiakan Orang tua. Karena mahasiswa merupakan generasi penerus calon pemimpin-pemimpin Indonesia kedepannya untuk menjadikan negara Indonesia yang lebih baik lagi.

Share on Google Plus

Tentang UKMF FSPI FISIP Unila

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Baca tulisan kami yang lain juga ya. Sedikit Tentang FSPI. FSPI adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada di lingkungan FISIP. FSPI bergerak dalam bidang kerohanian Islam. FSPI -EKSIS, PROAKTIF, PRODUKTIF-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar